Round-Up

Praktik Ilegal Dokter Sinus dari China Akhirnya Terbongkar

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 08:28 WIB
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Polda Metro Jaya membongkar praktik pengobatan sinus secara ilegal di sebuah klinik di Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pengobatan tersebut dilakukan oleh tenaga seorang dokter berinisial LS yang didatangkan dari China.

Dirangkum detikcom, kasus ini terbongkar pada 13 Januari 2020 lalu. Awal mulanya, polisi menerima informasi masyarakat sejak Juli 2019. Menindak lanjuti informasi tersebut, polisi melakukan penyelidikan ke lokasi dan menangkap 2 orang di sana yakni pemilik klinik berinisial A dan dokter LS.

"Pemiliknya inisial A yang buka praktik, tapi dokternya WN asing yang nggak bisa bahasa Indonesia. Saat praktik dia pakai juru bahasa," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Klinik ini menawarkan pengobatan sinus tanpa operasi, melainkan hanya dengan menggunakan obat yang dimasukkan ke hidung. Tentunya, obat-obatan yang didatangkan dari China itu tidak terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) alias ilegal.

"Dia menjanjikan nggak perlu operasi tapi ada satu obat dimasukkan ke hidung bisa sembuhkan tanpa operasi," kata Yusri.

Di China, LS memang seorang dokter THT. Hanya saja, LS tidak memiliki izin untuk melakukan praktik pengobatan di Indonesia.

"Memang betul dokter LS ini nggak punya izin praktik. Sudah dicek statusnya memang dokter tapi nggak punya izin praktik di Indonesia," kata Yusri.

LS juga datang ke Indonesia dengan menggunakan visa liburan untuk 3 bulan. Sementara LS sudah berada di Indonesia selama 9 bulan.

"Juga sama bahan obatnya nggak ada izin sama sekali. Bahasa Indonesia juga tidak bisa, dia pakai penerjemah," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3