Dinkes DKI Kerja Sama Kemenkes Cegah Wabah Virus Corona Masuk ke Jakarta

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 06:43 WIB
Warga China Pakai Masker untuk Antisipasi Virus Corona (Foto: AP Photo).
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menangakal masuknya virus corona ke Indonesia, khususnya di DKI Jakarta. Mereka telah memasang alat untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang yang tiba di Jakarta.

"Di pintu masuk negara diamankan ada thermal scanner, setiap orang masuk ke Indonesia terutama negara terjangkit akan melewati tadi, detektor suhu, bisa cek lebih lanjut baik bandara atau pelabuhan laut," ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia, saat dihubungi, Kamis (23/1/2020) malam.

Menurut Dwi, penanganan di bandara internasional menjadi tugas dari Kementerian Kesehatan. Jika terjadi sesuatu, akan ada komunikasi dengan Dinas Kesehatan.

"Kalau sewaktu-waktu datang ke Indonesia dengan demam, kantor kesehatan pelabuhan bekerja, dan akan melakukan apa, sesuai hasil pemeriksaan. Kita otoritas di wilayah, akan mendapat (informasi), sehingga jalur komunikasi sudah ada, seperti saat SARS, flu burung, itu sistem yang sudah siap," ucap Dwi.

Selanjutnya
Halaman
1 2