Agar Isu Corona Tak Bikin Gaduh, Komisi IX: Pemerintah Harus Sosialisasi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 21:06 WIB
Nihayatul Wafiroh (Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta -

Ketua Komisi IX DPR yang membidangi kesehatan meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lebih gencar melakukan sosialisasi terkait virus Corona. Ia tak ingin ada kegaduhan di masyarakat karena kurangnya informasi.

"Kalau seperti ini harusnya sudah mulai diambil langkah sosialisasi, jangan sampai masyarakat gaduh karena tidak tahu, dan karena ada mungkin juga berita yang dibaca sepotong-sepotong," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh saat dihubungi, Kamis (23/1/2020).

Menurut Ninik, kegaduhan di masyarakat bisa disebabkan oleh ketiadaan informasi yang komprehensif. Ia pun meminta petugas kesehatan hingga ke tingkat puskesmas lebih proaktif.

"Jadi saya minta dari Kementerian Kesehatan melakukan sosialisasi ke masyarakat bagaimana pencegahan virus, bagaimana penyebarannya, dan kalau ada sudah gejala bagaimana, mereka berobatnya ke mana," ujarnya.

Selain itu, Ninik ingin Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) lebih dioptimalkan. Politikus PKB itu juga ingin masyarakat yang akan ke luar negeri diberi informasi terkait virus Corona.

"Fungsi dari KKP detektor itu juga harus dimanfaatkan, dimaksimalkan, dan juga masyarakat yang mau ke luar juga diberi informasi yang cukup. Bisa jadi dia berangkat sehat, tak tahu informasi apa-apa, dia kena," ucap Ninik.

Selanjutnya
Halaman
1 2