Mulfachri: Saya Sudah Keliling DPW, Tak Perlu Deklarasi Caketum PAN

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 19:06 WIB
Mulfachri Harahap (Azizah/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap mengaku sudah berkeliling ke hampir semua DPW PAN. Mulfachri menyatakan tidak perlu deklarasi caketum PAN.

"Saya malah sudah keliling-keliling, jadi mungkin nggak perlu deklarasi (caketum) kali ya. Jadi sudah keliling," kata Mulfachri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Mulfachri menyatakan sudah berinteraksi dengan hampir semua DPW PAN dan berharap mendapatkan hasil dukungan baik. Namun Mulfachri masih merahasiakan jumlah dukungan yang diperolehnya.

"Tentu tidak elok kalau saya menyebutkan jumlah dukungan, tapi mudah-mudahan kalau saya melihat respons teman-teman ketika kita melakukan sosialisasi ke daerah, ketika kita membangun interaksi, dan seterusnya, mudah-mudahan kalau saya melihat responsnya luar biasa, animonya besar, dan mudah-mudahan itu nanti terlihat dalam Kongres," ujarnya.

Mulfachri juga menanggapi klaim caketum petahana Zulkifli Hasan, yang disebut-sebut sudah mendapat dukungan dari 34 DPW PAN. Menurutnya, klaim dukungan itu akan terlihat saat Kongres nanti.

"Saya nggak tahu ya kalau 34 DPW. Nanti kalau saya klaim 30, nanti ujung-ujungnya ada 100 DPW, kan gitu. Kita lihat di Kongres nanti sajalah. Betul nggak? Kan gitu," ucap Mulfachri.

Namun Mulfachri menyambut baik pencalonan para kader PAN dalam kontestasi pemilihan ketum. Menurutnya, hal itu adalah bagian dari demokrasi.

"Saya menyambut baik semua rencana pencalonan yang dilakukan oleh kader PAN, termasuk yang dilakukan oleh Pak Asman kemarin. Jadi saya kira itulah hakikatnya demokrasi. Demokrasi harus membuka ruang yang sebesar-besarnya bagi kader di lingkup internal untuk diberi kesempatan memilih pemimpin terbaik, untuk memimpin partai ini lima tahun ke depan," pungkasnya.

(azr/idn)