Jokowi-PM Hungaria Bahas Beasiswa untuk WNI hingga RS Kanker

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 18:33 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Perdana Menteri (PM) Hungaria Viktor Orbán (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Perdana Menteri (PM) Hungaria Viktor Orbán. Keduanya membahas kerja sama antara dua negara.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pemerintah Hungaria menyediakan beasiswa bagi mahasiswa asal Indonesia untuk menempuh pendidikan di negara asal legenda Real Madrid Ferenc Puskás ini. Masalah visa untuk WNI juga dibahas keduanya.

"Pemerintah Hungaria sediakan 100 scholarship bagi mahasiswa Indonesia dan tadi dibahas mengenai bidang-bidang yang akan digunakan oleh para mahasiswa. Presiden menyampaikan hal-hal yang terkait dgn science kemudian teknologi inovasi itu yang kita prioritaskan. Kemudian yang kedua dari pihak Hungaria komitmen lakukan simplifikasi terhadap proses visa bagi WNI," kata Retno di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Untuk sektor kesehatan, Hungaria ingin bekerja sama dengan Indonesia membangun RS kanker dan pengembangan RS militer. Pembahasan lebih lanjut akan dijajaki.

"Pihak Hungaria tawarkan untuk kerja sama membangun rumah sakit yang berfokus kepada terapi untuk kanker, onkologi dan juga pengembangan military hospital," ujar Retno.

Jokowi turut diundang untuk ke Hungaria. Tahun ini, Indonesia dan Hungaria memperingati 65 tahun hubungan diplomasi.

"PM Hungaria mengundang presiden untuk berkunjung ke Hungaria. Tahun ini kita memperingati 65th anniversary hubungan diplomatik kita," kata Retno.

Simak Video "Acer Janjikan Beasiswa Kuliah untuk Para Juara Predator League 2020"

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/mae)