Kementerian PUPR Akan Perbaiki 20 Titik Jalan Rusak Akibat Longsor di Sumsel

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 16:47 WIB
Kepala BBPJN V Syaiful Anwar (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang -

Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V mencatat ada sekitar 40 titik jalan rusak akibat tanah longsor di Sumatera Selatan. 20 titik di antaranya diprioritaskan untuk diperbaiki.

Kepala BBPJN V, Syaiful Anwar, menyebut 20 titik jalan rawan longsor itu tersebar di beberapa kabupaten hingga ke perbatasan Jambi dan daerah Bengkulu. Kondisi jalan nasional itu diperbaiki untuk kenyamanan masyarakat.

"Memang salah satu masalah kondisi jalan di Sumatera Selatan ini masalah longsoran dan hampir di seluruh kabupaten pasti ada. Identifikasi kami sebetulnya ada sekitar 40 titik, tapi kami prioritaskan tahun ini 20 titik dulu," kata Syaiful saat ditemui di kantornya, di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (23/1/2020).

Syaiful menyebut sebenarnya penanganan longsor merupakan program rutin pihaknya. Namun kini menjadi sorotan utama karena sejak awal Januari bencana longsor marak terjadi di Lahat dan Kota Pagaralam.

"Jalan longsor ini kami sinyalir juga karena adanya perubahan tata guna lahan. Kondisi itu terpantau dari drone, lahan yang tadinya untuk resapan air sekarang pohon gundul," katanya.

Pantauan itu, kata Syaiful, dapat dilihat dari ruas Simpang Air Dingin dan menjadi batas antara Lahat dan Pagaralam. Namun untuk jalan akibat longsor yang bakal diperbaiki di daerah Muararnim, Musi Banyuasin sampai Ogan Komering Ulu.

Selanjutnya
Halaman
1 2