BMKG: Jabodetabek Berpotensi Dilanda Hujan Lebat-Angin Kencang Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 16:44 WIB
ilustrasi hujan.
Jakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir untuk 3 hari ke depan. Hari ini, BMKG menyebutkan wilayah Jabodetabek akan dilanda hujan lebat.

"Wilayah Indonesia berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini (23/1). Daerah tersebut di antaranya Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jabodetabek, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua," demikian keterangan tertulis BMKG (23/1/2020).

BMKG menyebut potensi hujan lebah ini akan berlangsung tanggal 23 hingga 25 Januari di sebagian wilayah Indonesia. Dari hasil pemantauan BMKG, kondisi cuaca itu menunjukkan adanya daerah tekanan rendah di Australia bagian tengah yang menarik massa udara cukup kuat dan membentuk pola konvergensi memanjang dari Laut Jawa hingga NTT bagian Barat.

"Kemudian terdapat siklonik di perairan Barat Bengkulu yang membentuk pola konvergensi memanjang dari Sumatera Barat hingga perairan Barat Bengkulu dan terdapat pola perlambatan kecepatan angin di Samudera Hindia Barat Aceh, di Sulawesi bagian tengah dan di utara Papua Barat," tulis BMKG.

Kondisi tersebut mengakibatkan beberapa wilayah seperti Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan serta Sulawesi Tenggara berpeluang mengalami hujan lebat pada hari ini. Kemudian untuk esok hari, Jumat (24/1), wilayah Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara masih akan mengalami hujan lebat ditambah dua wilayah yaitu Kalimatan Timur dan Sulawesi Barat.

"Sementara untuk lusa (25/1), daerah yang berpotensi adalah Sumatera Barat, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara," jelas BMKG.

Adapun wilayah Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Banten, Jabodetabek, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua masih berpeluang diguyur hujan lebat disertai angin kencang ditambah dengan Jawa Barat. Termasuk untuk Sabtu (25/1), daerah yang berpotensi hujan lebat antara lain Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua.

BMKG mengimbau masyarakat di wilayah yang berpotensi hujan lebat untuk berhati-hati.


Simak Video "BMKG: Kalau Ada Peringatan Dini Disertai Hujan Lebat Harus Siaga!"

[Gambas:Video 20detik]

(idn/fjp)