WNI Diculik Abu Sayyaf Lagi, Pemerintah Malaysia Akan Tinjau SOP di Perairan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 15:35 WIB
Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Zainal Abidin Bakar. (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Warga negara Indonesia (WNI) kembali diculik oleh Abu Sayyaf. Pemerintah Malaysia akan meninjau kembali standar operational procedure (SOP) di perairan saat kejahatan tersebut terjadi.

"Kami (Malaysia dan Indonesia) bersama dengan perwakilan Filipina telah mendiskusikan bagaimana untuk memperkuat koordinasi dan kerja sama di antara ketiga negara dan satu kemungkinan alternatif adalah untuk meninjau ulang SOP ketika kejadian tersebut terjadi, sehingga tindakan efektif dapat diambil," kata Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Zainal Abidin Bakar, di Kementerian Luar Negeri, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Kemudian, Malaysia juga akan lebih mengimbau para nelayan untuk tidak memasuki wilayah perairan yang rawan penculikan. Langkah-langkah itu, kata Zainal, juga dibahas kala bertemu dengan perwakilan Indonesia dan Filipina.

"Kedua, mungkin di pihak kita, kita akan lebih lagi mengingatkan para nelayan kita untuk tidak memasuki daerah yang rawan terjadi insiden penculikan," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2