Temui Mahfud, Yenny Wahid Lapor Rencana Kunjungan Menhan Malaysia ke RI

Kadek Melda - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 13:23 WIB
Yenny Wahid (Kadek/detikcom)
Jakarta -

Putri kedua Presiden RI Ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Yenny Wahid menemui Menko Polhukam Mahfud Md. Dia datang untuk melaporkan rencana kunjungan Menteri Pertahanan (Menhan) Malaysia Mohamad Sabu ke Indonesia.

"Jadi saya ke sini mau koordinasi dengan Pak Mahfud melaporkan sekaligus gitu ya tentang kunjungan dari Menteri Pertahanan Malaysia ke Indonesia. Kebetulan beliau adalah kawan baik saya secara pribadi. Jadi beliau datang ke sini dengan misi untuk mempererat hubungan Indonesia dalam bidang pertahanan," kata Yenny setelah bertemu dengan Mahfud di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Yenny mengatakan kunjungan Menhan Malaysia ke Indonesia dalam rangka mempererat hubungan di bidang pertahanan. Selain itu, untuk menyamakan persepsi dalam hal melawan terorisme. Dia mengaku diminta Kemhan Malaysia untuk membantu terwujudnya pertemuan itu.

"Kedua, menyamakan persepsi tentang banyak hal yang sifatnya lintas negara yang merupakan tantangan kita bersama, tantangan global contoh kasus soal counter-terrorism. Jadi saya mau berkoordinasi dengan Pak Mahfud untuk mengatur pertemuan tersebut. Kebetulan diminta bantuan oleh pihak Kemhan Malaysia untuk membantu pertemuan-pertemuan," ujar Komisaris Independen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk itu.

"Nah, Pak Menhan ini orangnya menarik ya. Beliau juga kebetulan adalah seorang tokoh Islam di Malaysia. Beliau dulu salah satu ketua di PAS, Partai Islam, lalu menjadi Ketua Partai Amanah dan beliau adalah orang yang cukup vokal bicara Islam moderat. Di situlah kenapa kemudian kita bisa cocok dan klop. Kemudian beliau kemari," lanjut Yenny.

Rencananya pertemuan Mahfud dan Mohammad Sabu akan digelar akhir pekan ini. Yenny mengatakan keduanya dijadwalkan hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh PBNU.

"Kebetulan tanggal 25 (Januari) beliau dan Pak Mahfud akan bicara di PBNU. Acaranya di gedung PBNU pukul 13.00 WIB. Temanya tentang perkembangan baru di dunia Islam tentunya dengan berbagai macam tantangan berbagai macam ancaman yang dihadapi pada saat ini yang berkaitan dengan dunia Islam," tuturnya.

(mae/mae)