Polisi Serahkan Tersangka Perancang Demo Rusuh Abdul Basith Cs ke Jaksa

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 12:02 WIB
Foto: Polda Metro Jaya (Ari Saputra)

Selain Dwiasih, tersangka lain yang dilimpahkan ke kejaksaan yakniu Achmad Riawan, Prof. Insanial Burhamzah, M Nur Suryo Wardono, Yudi Shesan, Okto Siswan toro, Mulyono Santoso, Muhidin Jalih, Laode Nadi, Laode Aluani, Jahra Ra Ali. Sony Santoso, Januar Akbar dan M Damar. Para tersangka diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangerang Selatan.

Pelimpahan tahap 2 para tersangka ini dikawal ketat oleh polisi. Ada 7 kendaraan yang mengangkut para tersangka dan barang bukti dalam pelimpahan tahap 2 ini.

Dihubungi secara terpisah, pengacara Abdul Basith, Gufroni membenarkan adanya pelimpahan tahap 2 kliennya itu.

'Kalau ini beliau diserahkan tahap dua untuk yang kasus penyimpanan bom rakitan yang melibatkan Pak Sony dan beberapa tersangka lain," kata Gufroni.

Sementara, Abdul Basith juga telah menjalani sidang dakwaan di PN Jakarta Pusat pada Rabu (22/1) kemarin. Abdul Basith didakwa terkait pelemparan bom molotov di Pejompongan, Jakarta Pusat pada aksi mahasiswa 24 September 2019.

"Cuma Pak Basith kan nggak tahu-menahu, tapi ada alat bukti di HP pelaku Yudi dengan klien kami, seolah-olah dia terlibat dalam aksi chaos itu," tandas Gufroni.

Halaman

(mei/mei)