3 Kisah Tragis Korban Tewas Dipatuk Ular Welang-Weling dari Tangerang-Bandung

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 12:01 WIB
Foto: Dony Indra Ramadhan
Jakarta -

Ular welang-weling kembali beraksi di Indonesia. Korban tewas terus berjatuhan akibat gigitan ular berbisa itu. Tragis!

Terbaru, seorang bocah SD Andi Ramdani (11) meninggal dunia setelah bermain-main dan dipatuk Ular Weling di Bandung, Jawa Barat. Tragedi ini menambah panjang daftar korban ular welang-weling yang tewas.

Sebelumnya, ada pasangan suami istri (pasutri) Maksum dan Nuryani di Cianjur, Jawa Barat yang meninggal dunia setelah digigit ular welang. Selain itu, ada Iskandar (44), seorang satpam di Perumahan Cluster Michella, Gading Serpong, Tangerang, tewas setelah jarinya dipatuk ular weling.


Ular weling dikenal dengan nama latin Bungarus candidus. Ular weling ternyata masuk ranking 4 ular dengan bisa paling beracun di dunia. Kasus gigitan Ular Weling di Indonesia banyak yang berakhir dengan kematian.

Peneliti herpetologi LIPI, Amir Hamidy, mengatakan ular welang itu ada hampir di seluruh Jawa. Gigitan ular weling akan menyerang saraf pernafasan sehingga orang yang digigit bakal mengalami gagal nafas hingga tewas. Efek mematikan bisa ular tersebut sangat cepat. "Sesak nafas, gagal nafas, biasanya meninggal di situ. Ini karena dia neurotoksin itu sangat cepat dia. Penanganan harus sangat cepat. Beda dengan hemotoksin atau yang nyerang darah. Kalau neurotoksin ini hitungan menit atau jam itu sangat berarti sekali dalam konteks penanganan," ujarnya.


Pakar penanganan gigitan hewan berbisa (toksinolog) sekaligus penasihat temporer WHO untuk gigitan ular, dr Tri Maharani, menyebut Indonesia ternyata tak punya bisa khusus ular weling. Untuk mewaspadai ular weling. Peneliti Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI, Evy Ayu Arida menyarankan agar masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tujuannya, agar tidak memelihara tempat-tempat yang menarik perhatian bagi ular.

Berikut 3 kisah korban tewas dipatuk ular weling:

Simak Video "Cerita Adinda Thomas Dililit Ular saat Syuting Film 'KKN: Di Desa Penari'"

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4