Jejak Harimau Sumatera Kembali Muncul di Kampar Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 11:27 WIB
Ilustrasi Harimau Sumatera (Foto: REUTERS/Fabrizio Bensch)
Pekanbaru -

Jejak harimau sumatera kembali muncul di Kabupaten Kampar, Riau. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau pun menerjunkan tim ke lokasi.

"Kita sudah menerjunkan tim Desa Trimanunggal dan Desa Mukti Sari di Kecamatan Tapung, Kampar. Tim dimpimpin Kepala Seksi Konservasi Wilayah III MB Hutajuli dan dua polisi kehutanan. Mereka langsung berkoodinasi dengan aparat setempat untuk menuju ke lokasi jejak yang dimaksud," kata Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati kepada wartawan, Kamis (23/1/2020).

Dian menjelaskan, sebelumnya warga desa setempat resah dengan munculnya jejak satwa di perkebunan sawit. Apalagi, lokasi jejak satwa tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman warga desa.

"Hasil observasi di lapangan jejak tersebut benar bekas jejak harimau Sumatera. Namun kondisi bekas jejaknya di tanah mulai hilang karena terjadi hujan di lokasi," kata Dian.

Tim BBKSDA di lokasi, kata Dian, telah melakukan sosialisasi terkait kemunculan jejak harimau tersebut. Tim juga membagikan poster cara penanganan apabila berjumpa dengan harimau.

"Kita mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di kebun di malam hari. Kalau beraktivitas diharapkan berkelompok, jangan sendirian," pungkas dia.

Simak Juga Video "Asiknya Ombak Bono, Berselancar di Sungai Kampar Desa Meranti Pelalawan Riau"

[Gambas:Video 20detik]

(cha/mae)