Anggaran Pertahanan Rp 127 T, Jokowi ke Prabowo: Jangan Ada Markup

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 09:43 WIB
Jokowi dan Prabowo (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan besarnya anggaran pertahanan yang dialokasikan tahun ini. Jokowi mengingatkan prinsip kehati-hatian dalam menggunakan anggaran untuk belanja negara.

Tahun 2020, Kementerian Pertahanan (Kemhan) mendapatkan anggaran Rp 127 triliun. Anggaran ini merupakan pos terbesar yang diberikan dalam APBN.

"Perlu saya informasikan, Kementerian Pertahanan mendapatkan alokasi APBN terbesar sejak 2016 sampai sekarang. Tahun 2020 sekitar Rp 127 triliun. Hati-hati penggunaan ini," kata Jokowi dalam rapat pimpinan Kemhan-TNI-Polri di Lapangan Bhinneka Tunggal Ika, Jl Medan Merdeka Barat, Kamis (23/1/2020).

Jokowi meyakini Menhan Prabowo Subianto dan jajaran bisa mengelola anggaran ini. Jokowi meminta jangan sampai anggaran dikorupsi.

"Tapi saya yakin Pak Menhan ini kalau urusan anggaran detail, berkali-kali dengan saya hampir hafal di luar kepala. Ini Pak, di sini Pak, aman urusan Rp 127 T ini," kata Jokowi.

"Harus efisien, bersih, tak boleh ada markup-markup lagi dan yang paling penting mendukung industri dalam negeri kita," imbuhnya.

Simak Juga Video "Wiranto Ingin Nasihat Wantimpres ke Jokowi Tak Duplikasi"

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/gbr)