Jokowi ke TNI-Polri: Atasi Semua Spektrum Pertahanan

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 09:42 WIB
Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan TNI dan Polri bersinergi menjaga kedaulatan negara. TNI-Polri juga diminta mengatasi berbagai spektrum pertahanan.

"Yang paling penting, kita harus mampu atasai semua spektrum pertahanan, mulai dari konflik internal, perang asimetrik, gerilya, perang proxy maupun perang hybrid, yang menggabungkan strategi militer non militer, konvensional dan non konvesional," kata Jokowi dalam rapat pimpinan Kemhan-TNI-Polri di Lapangan Bhinneka Tunggal Ika, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).


Acara ini dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis beserta jajarannya. Jokowi menyebut tantangan ke depan yang harus dilalui semakin berat.

 Dalam rapim tahun ini, Jokowi menekankan isu kedaulatan negara. Dalam rapim tahun ini, Jokowi menekankan isu kedaulatan negara. Foto: Andhika Prasetya/detikcom


"Ke depan tantangan kita semakin berat. Tantangan besar pertama adalah semakin luasnya spektrum konflik di berbagai belahan dunia," ujar Jokowi.


Dalam rapim tahun ini, Jokowi menekankan isu kedaulatan negara. Ia menegaskan tidak ada yang bisa menawar kedaulatan NKRI.

"Satu isu utama, yang paling penting dalam pertahanan negara adalah kedaulatan. Sudah berkali-kali saya sampaikan, saya tegaskan bahwa kedaulatan itu harga mati, kedaulatan itu tidak bisa dinegosiasikan, tidak ada tawar menawar," kata Jokowi.

Simak Juga Video "Gaya Kivlan Zen Jalani Sidang: Berseragam TNI- Salam Hormat"

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/hed)