M Taufik: Tak Ada Tes untuk Cawagub DKI, Pemilihan Awal Februari

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 06:52 WIB
Foto: M Taufik (detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyerahkan surat terkait calon wakil gubernur DKI Jakarta ke DPRD untuk segera dipilih. Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik mengaku sudah menerima surat itu dan proses pemilihan bakal segera digelar awal bulan depan dengan catatan tidak ada tes untuk cawagub DKI.

"Ya saya sudah lihat suratnya. Sesuai dengan tata tertib yang ada, tidak ada tes, yang ada adalah pemeriksaan dokumen persyaratan oleh panlih. Kayaknya awal bulan deh," kata M Taufik saat dihubungi, Kamis (23/1/2020).

Untuk diketahui, pada awal-awal pemilihan wagub DKI di mana semua calon dari PKS, ada proses fit and proper test. Pada Senin 18 Februari 2019, M Taufik sempat melaporkan hasil fit and proper test itu kepada Gubernur Anies Baswedan.

Kini, PKS dan Gerindra selaku pengusung Anies di Pilgub DKI 2017 telah menentukan 2 cawagub, yaitu A Riza Patria (Gerindra) dan Nurmansyah Lubis (PKS). Menurut Taufik, keputusan meniadakan tes untuk 2 cawagub itu berdasarkan tata tertib (tatib) yang disepakati Pansus Wagub DKI DPRD periode lalu.

"(Tatib) Yang hasil pansus nanti ada perubahan sedikit hasil evaluasi Mendagri dalam rapimgab tanggal 27 Januari. Tatibnya kan sudah dirumuskan oleh pansus waktu itu (periode 2014-2019), tinggal pengesahan aja. Nggak ada pansus lagi, yang ada panlih (panita pemilihan)," sebut Taufik.

Soal panlih ini akan diputuskan dalam rapat pimpinan gabungan mendatang. "(Panlih) Belum dibentuk, nanti dibahas dalam rapimgab," imbuh Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta itu.

(gbr/eva)