Ini Motif Pembunuhan Siswi SMA yang Tengkoraknya Terpisah dari Badan

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 00:04 WIB
Foto: dok. Antara
Jakarta -

Polisi mengatakan motif Yongki membunuh AA (15), siswi SMA 2 Rejang Lebong, Bengkulu adalah hendak menguasai sepeda motor korban. Niat jahat Yongki berawal saat motor AA mogok di jalan dan Yongki seolah hendak membantu memperbaiki motor AA.

"Korban saat itu motornya mogok menurut pelaku, pelaku menawarkan bantuan, habis itu pada intinya dibawalah ke rumah pelaku. Motifnya murni curas, motifnya ingin menguasai motor korban," kata Kapolres Rejang Lebong, AKBP Jeki Rahmat Mustika, kepada detikcom, Rabu (22/1/2020).

Sebelumnya diberitakan AA hilang setelah berpamitan kepada neneknya untuk mencetak kertas tugas sekolah di tempat fotokopi, yang tak jauh dari rumahnya pada 8 November 2019. AA pergi dengan mengendarai sepeda motor merek Honda Scoopy warna hitam dengan nomor pelat BD-3640-KV.

Korban yang tinggal di bedengan bersama neneknya di Gang Palm, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Curup Timur, saat hilang mengenakan pakaian kaus garis-garis merah, hitam, dan putih, kemudian menggunakan celana hitam serta jilbab hitam.

Jeki menjelaskan penyidik mampu mengungkap kasus ini karena pelaku masih aktif memainkan akun Facebook korban di ponsel korban. Polisi lalu melakukan pelacakan.

"Tidak ada kejahatan yang sempurna. Akun media sosial korban masih aktif, kami langsung lacak media sosialnya, masuklah ke si pelaku. Sesuai dengan hasil penggeledahan di mobil angkotnya, ada HP korban. Lalu kami lakukan penangkapan," ujar Jeki.

Polisi makin yakin Yongki adalah dalang di balik hilangnya AA setelah menemukan motor beserta perhiasan emas korban di rumah tersangka. Yongki pun akhirnya tak dapat mengelak.

"Kami lakukan penggeledahan di rumahnya, dapatlah motor si korban di sana. Nah kami temukanlah emasnya juga. Setelah itu akhirnya dia (Yongki) mengaku membunuh si korban karena sudah tidak bisa mengelak juga, kami temukan barang-barang bukti itu," ucap Jeki.

Selanjutnya
Halaman
1 2