Bertema Persatuan, Kirab Kebangsaan Semarang Libatkan 10 Ribu Orang

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 21:16 WIB
Foto: Dok Pemkot Semarang
Jakarta -

Pemkot Semarang akan menggelar Kirab Kebangsaan Merah Putih di Kota Semarang, untuk memperingati Haul Habib Hasan dan Haul Habib Thoha bin Muhammad bin Yahya sekaligus menumbuhkan semangat persatuan, pada Jumat (24/1/2020) mendatang.

Mengusung tema Sejarah adalah Ruh Nasionalisme, haul kali ini dimeriahkan berbagai rangkaian acara yang diakhiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Haul diawali dengan Kirab Kebangsaan Merah Putih yang melibatkan lebih kurang 10.000 orang.

Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi menyampaikan haul kali ini, merupakan perpaduan antara pemerintah, TNI-Polri dan masyarakat. Rencananya akan dihadiri Menko Polhukam Sipil Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jawa Tengah, Kapolda Jateng, Pangdam IV/Diponegoro, Gubernur Akpol, Gubernur Akmil dan masih banyak lagi.

"Tahun ini haul dengan kirab kebangsaan merah putih melibatkan berbagai elemen. Harapannya dapat mewakili seluruh elemen masyarakat Kota Semarang dan Jawa Tengah yang sama-sama sepakat meningkatkan nasionalisme dan menumbuhkan semangat persatuan dan kebangsaan kepada seluruh warga," ujar Hendi dalam keterangannya, Rabu (22/1/2020).

Sementara itu Sekda Kota Semarang Iswar Aminudin yang merupakan ketua panitia haul menjelaskan bahwa sejarah Perjuangan Kemerdekaan RI diprakarsai oleh seluruh elemen masyarakat, baik itu dari unsur militer maupun sipil. Unsur sipil terdiri atas semua golongan baik itu dari segi ras maupun agama.

"Oleh karena itu menjadi tugas bersama untuk menjaga sejarah bangsa yang telah ditorehkan oleh para pendahulu kita. Kita harus bisa melestarikan tradisi warisan para leluhur. Yakni dengan menanamkan nilai-nilai moral kepahlawanan, menciptakan stabilitas bangsa dan keharmonisan serta berperan aktif dalam menumbuhkan kecintaan negara dan budaya," jelas Iswar.

Diketahui, Habib Hasan bin Thoha bin Muhammad bin Yahya adalah ulama besar dan pejuang yang dikenal garang saat bertempur melawan penjajah, hingga mendapat julukan Singo Barong.

Habib Hasan memiliki hubungan kekerabatan dengan keluarga keraton Yogyakarta, karena beliau adalah menantu Sultan Hamengku Buwono II dan ipar Hamengku Buwono III. Beliau mendapatkan gelar sebagai Raden Tumenggung Sumodiningrat, Pati Lebet Kerajaan Mataram atau kerap disebut Syekh Kramat Jati.

Sebagai informasi, kirab tersebut nantinya akan dilaksanakan mulai pukul 06.00-10.00 WIB dengan rute start dari Jalan Depok-Jalan MH Thamrin-Jalan Pandanaran-finish di Lapangan Simpanglima Kota Semarang.

Pada hari yang sama, selain kirab, juga akan dilaksanakan bakti sosial dengan membagikan 5.000 sembako dan pengobatan gratis di sekitar Lapangan Simpanglima Semarang. Usai haul, akan ada Launching Kuliner Depok di sepanjang Jalan Depok pada pukul 18.00-22.00 WIB.

Puncaknya, Sabtu (25/1/2020) malam mulai pukul 19.00-selesai akan dilaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul di Jalan Tentara Pelajar Gang Duku Kelurahan Lamper Kidul, Kecamatan Semarang Selatan.

(ega/ega)