Surat Al-Insyirah: Arti, Makna dan Keutamaannya yang Bisa Lapangkan Hati

Tasya Awlia - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 20:21 WIB
Surat Al-Insyirah: Arti, Makna dan Keutamaannya yang Bisa Lapangkan Hati (Foto: iStock)

6. اِنَّمَعَالْعُسْرِيُسْرًاۗ

Arab-Latin: inna ma'al usri yusra

Artinya:"Sesungguhnya besera kesulitan itu ada kemudahan"

Tafsir: Ayat ini adalah ulangan ayat sebelumnya untuk menguatkan arti yang terkandung dalam ayat yang terdahulu. Bila kesulitan itu dihadapi dengan tekad yang sungguh-sungguh dan berusaha dengan sekuat tenaga dan pikiran untuk melepaskan diri darinya, tekun dan sabar serta tidak mengeluh atas kelambatan datangnya kemudahan, pasti kemudahan itu akan tiba.

7. فَاِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْۙ

Arab-Latin:fa iza faragta fansab

Artinya:"Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain)"

Tafsir: Sesudah menyatakan nikmat-nikmat-Nya kepada Nabi Muhammad dan janji-Nya akan menyelamatkan beliau dari bahaya-bahaya yang menimpa, Allah memerintahkan kepadanya agar mensyukuri nikmat-nikmat tersebut dengan tekun beramal saleh sambil bertawakal kepada-Nya. Bila telah selesai mengerjakan suatu amal perbuatan, maka hendaklah beliau mengerjakan amal perbuatan lainnya. Sebab, dalam keadaan terus beramal, beliau akan menemui ketenangan jiwa dan kelapangan hati. Ayat ini menganjurkan agar Nabi SAW tetap rajin dan terus menerus tekun beramal.

8. وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ ࣖ

Arab-Latin: wa ila rabbika fargab

Artinya:"dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap"

Tafsir: Dalam ayat ini, Allah menegaskan agar Nabi Muhammad tidak mengharapkan pahala dari hasil amal perbuatannya, akan tetapi hanya menuntut keridaan Allah semata. Karena Dia-lah sebenarnya yang dituju dalam amal ibadah dan pada-Nyalah tempat merendahkan diri.

Itulah surat Al-insyirah beserta tafsirannya, semoga dengan rutin membaca surat tersebut. Hati kita menjadi lapang dan dapat membuka pintu rezeki.




(erd/erd)