Surat Al-Insyirah: Arti, Makna dan Keutamaannya yang Bisa Lapangkan Hati

Tasya Awlia - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 20:21 WIB
Surat Al-Insyirah: Arti, Makna dan Keutamaannya yang Bisa Lapangkan Hati (Foto: iStock)
Jakarta -

Surat Al-insyirah merupakan surat ke-94 dalam Al-quran yang berarti 'Kelapangan'. Surat ini terdiri dari 8 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyah.

Surat Al-Insyirah memiliki keutamaan yaitu melapangkan hati, jika rutin membacanya. Tak hanya pahala yang didapat, keutamaan membaca surat Al-Insyirah juga dapat membuka pintu rezeki.

Berikut Surat Al-Insyirah beserta arti, makna dan keutamannya dikutip dari kemenag.go.id :

1. اَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَۙ

Arab-Latin : A lam nasyrah laka sadrak

Artinya:"Bukankah kami telah melapangkan dadamu (Muhammad)?

Tafsir : Dalam ayat ini dinyatakan bahwa Allah telah melapangkan dada Nabi Muhammad dan menyelamatkannya dari ketidaktahuan tentang syariat. Nabi juga dirisaukan akibat kebodohan dan keras kepala kaumnya. Mereka tidak mau mengikuti kebenaran, sedang Nabi SAW selalu mencari jalan untuk melepaskan mereka dari lembah kebodohan, sehingga ia menemui jalan untuk itu dan menyelamatkan mereka dari kehancuran yang sedang mereka alami. Maksud dari ayat ini adalah Allah telah membersihkan jiwa Nabi SAW dari segala macam perasaan cemas, sehingga dia tidak gelisah, susah, dan, gusar. Nabi juga dijadikan selalu tenang dan percaya akan pertolongan dan bantuan Allah kepadanya. Nabi juga yakin bahwa Dia yang menugasinya sebagai rasul, sekali-kali tidak akan membantu musuh-musuhnya.



2. وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَۙ

Arab-Latin: wa wada'na angka wizrak

Artinya:"Dan kami pun telah menurunkan bebanmu darimu"

Tafsir: Dalam ayat ini, Allah mengungkapkan bahwa Dia bekenan meringankan beban yang dipikulkan kepada Nabi Muhammad dalam menunaikan penyebaran risalah-Nya. Dengan demikian, dengan mudah Nabi dapat menyampaikannya kepda manusia, dan dengan jiwa yang tenteram menghadapi tantangan musuh-musuhnya walaupun kadang-kadang tentangan itu berbahaya. Setelah Muhammad diangkat menjadi Rasul, maka beliau mulai melaksanakan tugas menyampaikan agama Allah kepada orang-orang Quraisy.

3. الَّذِيْٓ اَنْقَضَ ظَهْرَكَۙ

Arab-Latin: allazi angqada zahrak

Artinya:"Yang memberatkan punggungmu"

Tafsir surat Al-Insyirah ayat 3 ini, Allah mengungkapkan bahwa Dia berkenan meringankan beban yang dipikulkan kepada Nabi Muhammad dalam menunaikan penyebaran risalah-Nya. Dengan demikian, dengan mudah Nabi dapat menyampaikannya kepada manusia, dan dengan jiwa yang tentram menghadapi tantangan musuh-musuhnya walapun kadang-kadangan tantangan itu berbahaya. Setelah Muhammad diangkat menjadi rasul, makan beliau mulai melaksanakan tugas menyampaikan agama Allah Kepada orang-orang Quraisy.

4. وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَۗ

Arab-Latin: wa rafa'na laka zikrak

Artinya:"dan Kami tinggikan sebutan (nama)mu bagimu"

Tafsir: Dalam ayat ini diterangkan bahwa Allah mengangkat derajat Nabi Muhammad, meninggikan kedudukan dan memperbesar pengaruhnya. 'Dan kami pun telah tinggikan sebutan namamu bagimu, kami sebut namamu secara berurutan dengan nama-Ku, seperti dalam syahadat, azan, tasyahud, dan sebagainya. Itu adalah kemulian tersendiri yang tidak kami berikan kepada nabi-nabi yang lain.

5. فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۙ

Arab-Latin: fa inna ma'al usri yusra

Artinya:"Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan"

Tafsir surat Al-Insyirah ayat 5 ini adalah Allah mengungkapkan bahwa sesungguhnya di dalam setiap kesempitan, terdapat kelapangan, dan di dalam setiap kekurangan sarana untuk mencapai suatu keinginan, terdapat pula jalan keluar. Demikianlah nikmat-nikmat Ku kepadamu, maka tetaplah optimis dan berharap pada pertolongan Tuhanmu karena sesungguhnya beserta kesulitan apapun pasti ada kemudahan yang menyertainya. Engkau hadapi kesulitan besar dalam menyampaikan dakwah kepada kaummu; mereka ingkar dan menentangmu, tetapi Allah memberimu kemudahan untuk menaklukkan mereka.



Selanjutnya
Halaman
1 2