Sosok Yenny Wahid, Putri Gus Dur yang Jadi Komisaris Garuda

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 11:47 WIB
Foto: Tsarina Maharani/detikcom

Pendidikan

Yenny Wahid tercatat pernah menempuh studi Psikologi di Universitas Indonesia. Atas saran ayahnya, Yenny sebelum memutuskan keluar dari Universitas Indonesia dan menekuni studi Jurusan Visual di Universitas Trisakti. Ia melanjutkan studi administrasi publik di Universitas Harvard, Boston.

Karier

Yenny Wahid pernah menjajaki karier sebagai wartawan. Ia bertugas sebagai reporter di Timor-Timur dan Aceh. Yenny kiha menjadi koresponden koran terbitan Australia, The Sydney Morning Herald dan The Age (Melbourne) antara tahun 1997 dan 1999. Liputan Yenny mengenai Timor Timur pascareferendum bahkan mendapatkan anugrah Walkley Award.

Ketika ayahnya menjadi Presiden, Yenny memutuskan untuk mendampinginya dan menjadi Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik. Setelah Gus Dur tidak lagi menjabat sebagai presiden, Yenny memperoleh gelar Master's in Public Administration dari Universitas Harvard di bawah beasiswa Mason. Sekembalinya dari Amerika tahun 2004, Yenny hingga kini menjabat sebagai direktur Wahid Institute.

Semasa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Yenny sempat mengabdi sebagai staf khusus bidang Komunikasi Politik dan aktif sebagai Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa.
Halaman

(aan/van)