Ini Alasan Imigrasi Sempat Sebut Harun Masiku Masih di LN 7 Januari

Ibnu Hariyanto - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 11:37 WIB
KPK menunjukkan barang bukti uang yang diduga merupakan suap untuk Komisioner KPU Wahyu Setiawan dari Harun Masiku terkait pengurusan PAW Anggota DPR dari PDIP (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi sempat menyatakan tersangka KPK Harun Masiku belum pulang ke Tanah Air sejak tanggal 6 Januari 2020. Kini keterangan berbeda disampaikan pihak imigrasi.

Harun diketahui pergi ke Singapura pada 6 Januari 2020. Lantas pada 8 Januari 2020, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Wahyu Setiawan yang saat itu aktif sebagai Komisioner KPK. Dalam OTT itu KPK sebenarnya juga menjerat Harun tetapi keberadaannya tidak diketahui.

Sampai pada akhirnya Harun ditetapkan KPK sebagai buronan. Terakhir detikcom mendapatkan kabar dari Ditjen Imigrasi pada 13 Januari 2020 bila Harun belum tiba di Indonesia.

Ini Alasan Imigrasi Sempat Sebut Harun Masiku Masih di LN 7 JanuariMenteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)


"Belum tercatat adanya pergerakan masuk ke Indonesia," kata Kabag Humas Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang kepada detikcom, Senin (13/1).

Bahkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly meyakini Harun masih berada di luar negeri saat itu. Setidaknya pada Kamis (16/1), Yasonna menyebut Harun belum berada di Indonesia.

"Pokoknya belum di Indonesia," kata Yasonna, Kamis (16/2/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2