Pemerintah Wacanakan Atur Khotbah Jumat, MUI: Sebaiknya Beri Kebebasan

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 09:21 WIB
Foto: Wakil Sekjen MUI Amirsyah Tambunan. (Fida-detikcom)
Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) mewacanakan pengaturan teks khotbah Jumat oleh pemerintah. Merespons hal itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyarankan pemerintah tetap memberi kebebasan pada khatib Jumat.

"Dalam konteks khotbah ini tentu pemerintah akan lebih bagus posisinya untuk memberikan kebebasan kepada khatib sepanjang berjalan sesuai prinsip-prinsip beragama, berbangsa, dan bernegara. Dalam khotbah Jumat itu sudah ada tata tertib, rukun, syarat. Hal semacam itu tidak bisa diintervensi," kata Wakil Sekjen MUI, Amirsyah Tambunan saat dihubungi, Selasa (21/1/2020) malam.



Amirsyah berpendapat, kebijakan itu perlu didialogkan dengan berbagai pihak. Menurutnya, pemerintah cukup memberi masukan soal materi khutbah tanpa mengganggu subsstansi yang akan disampaikan khatib.

"Paling dalam konteks untuk bagaimana khotbah Jumat itu memberikan muatan-muatan dalam pengembangan sumber daya manusia, peningkatan keimanan, sejalan dengan prinsip kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2