Round-Up

Narasi PKS Mengalah Demi Anies Punya Pendamping

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 07:47 WIB
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Partai Gerindra dan PKS sudah menyerahkan surat nama calon wakil gubernur (cawagub) DKI yang baru ke Gubernur Anies Baswedan. PKS mengaku mengalah demi pengamping Anies di Ibu Kota.

Dua nama yang disetor ke Anies yakni A Riza Patria perwakilan dari Gerindra dan Nurmansyah Lubis dari PKS. Ketua DPD Gerindra bersama Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarif, serta Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin dan Sekretaris Fraksi PKS Achmad Yani menyerahkan surat itu kemarin, Selasa (21/1/2020) di Balai Kota.

Penentuan dua nama cawagub yang baru diserahkan ke Anies ini melewati proses panjang. Gerindra-PKS harus mengutak-atik siapa yang paling cocok mendampingi eks Mendikbud itu.



Awalnya, Gerindra-PKS sepakat dengan dua nama calon DKI 2 yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Keduanya sama-sama kader PKS. Tetapi kemudian proses pemilihan cawagub jalan di tempat. Sampai akhirnya Gerindra mengusulkan empat nama alternatif untuk cawagub DKI.

Empat nama itu yakni Riza Patria, Saefullah, Arnes Lukman, Ferry J Yuliantoro. PKS kemudian merubah nama kader yang bakal disandingkan dengan Anies.

Presiden PKS Sohibul Iman menarik nama Syaikhu dari bursa DKI 2. Dan akhirnya nama Nurmansyah Lubis yang dicalonkan PKS bersama Riza Patria.




Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Mohammad Arifin mengatakan, satu kursi cawagub DKI yang diberikan ke Gerindra sebagai wujud dari jiwa besar partainya agar Anies memiliki pendamping. PKS mengalah agar proses pemilihan cawagub cepat rampung.

"Kita PKS sudah sangat berjiwa besar menyandingkan satu dari PKS satu dari Gerindra. Karena kita ingin supaya proses pemilihan wagub berjalan dengan cepat tidak lagi tertunda-tunda," kata Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Mohammad Arifin saat jumpa pers di Kantor DPW PKS, Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2