Komisi III Selektif Cari Hakim Agung, Desmond Nilai MA Sekarang Buruk

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 21:34 WIB
Foto: Desmond J Mahesa (Rolando-detikcom)
Jakarta - Komisi III DPR RI memastikan akan selektif dalam menyeleksi calon hakim agung. Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond J Mahesa menyebut yang dilakukan Komisi III pertama kali adalah menelusuri latar belakang calon hakim agung.

"Kita harus, pertama teliti background-nya. Yang kedua, dia (calon hakim agung) bisa nggak mempengaruhinya MA dengan kondisi," kata Desmond usai uji kelayakan dan kepatutan calon hakim agung, di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (21/1/2020).


Hal itu disampaikan Desmond saat ditanya perihal tolak ukur Komisi III dalam memilih hakim agung. Desmond kemudian mengungkapkan penilaiannya terhadap salah seorang calon hakim agung, Soesilo, yang menjalani uji kelayakan hari ini. Saat inilah Desmond menyebut MA berengsek.

"Saya gambarkan, makanya pada saat... Pak Soesilo dalam putusan yang saya pelajari dia oke dari aspek akademis tentang peradilan dan hukum. Tapi lingkungannya ada juga yang berengsek. Tapi dia tidak ngapa-ngapain terhadap lingkungan berengseknya," ucap Desmond.

"Nah, menurut saya, MA sekarang berengsek. Kalau masuk ini dia (Soesilo) juga nggak berpengaruh apa-apa juga di MA," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2