Terjangan Angin Kencang Jungkir Balikkan Kapal Wartawan

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 20:59 WIB
Foto: DOK. ISTIMEWA/ Kapal phinisi terbalik di Labuan Bajo NTT
Jakarta - Kapal phinisi milik Plataran Resort tenggelam di tengah perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), saat mengangkut beberapa wartawan peliput Istana, yang pada hari sebelumnya meliput kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sana. Kapal tersebut sempat mengantarkan wartawan menikmati panorama Labuan Bajo, namun saat perjalanan pulang diterjang angin kencang yang muncul dengan tiba-tiba.

"Pukul 11.00 Wita, kapal KLM Plataran Phinisi Bali membawa sembilan orang tamu pers Kepresidenan bertolak dari Dermaga Kayu Plataran Resort Labuan Bajo menuju Bidadari yang berjarak sekitar 0,5 mil untuk melakukan kegiatan pengambilan gambar panorama dengan menggunakan kapal layar," kata Kapolres Manggarai Barat, AKBP Handoyo Santoso, lewat keterangannya, Selasa (21/1/2020).

Sekitar setengah jam kemudian atau tepatnya pukul 11.30 Wita, kapal tiba di perairan Pulau Bidadari. Setelah itu, Handoyo melanjutkan, kapal langsung berputar haluan menuju arah Labuan Bajo.

"Tiba-tiba angin kencang menerpa kapal, di mana layar kapal yang sebelumnya digunakan saat berlayar belum sempat diturunkan, sehingga kapal langsung terbalik dan terjatuh ke sebelah kiri. Dan pada saat itu juga kapten dan kru kapal langsung mengeluarkan life jacket dan life raft untuk digunakan para penumpang," ujar Handoyo.


Kecelakaan laut ini terjadi pada hari ini pukul 12.00 Wita. Beruntung, semua penumpang selamat dan dievakuasi dengan segera.

Handoyo mengatakan para penumpang lalu dievakuasi pihak resort menggunakan tiga kapal. Polisi sudah meminta keterangan dari beberapa pihak seperti kapten kapal dan penanggung jawab resort.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4