Jokowi Harap Omnibus Law Kelar 100 Hari, Ketua DPR: Kami Selesaikan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 20:38 WIB
Foto: Ketua DPR Puan Maharani. (Zhacky-detikcom)
Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan belum menerima draf program omnibus law sejumlah RUU dari pemerintah. Puan mengatakan jika draf tersebut telah diterima maka akan segera diselesaikan oleh DPR.

"Ya drafnya saja belum saya lihat, jadi kalau kemudian terkait dengan draf yang disebut memang kita ini bisa menyelesaikan secepatnya, untuk apa kita perlambat?" kata Puan, di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (21/1/2020).



Puan menilai harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar omnibus law selesai dalam 100 hari bukanlah tantangan. Menurut Puan fokusnya yakni bagaimana nantinya omnibus law dapat memperbaiki iklim investasi.

"Hanya ini bukan tantangan, tapi ini hal sesuatu yang niatnya itu bagaimana kalau cipta lapangan kerja itu saya dengar ada 82 UU kemudian dijadikan 1 ya, semangatnya itu bagaimana nanti iklim investasi, berusaha dan lain-lain akan menjadi lebih baik tanpa ada yang dirugikan, jadi secepat-cepatnya. Kalau bisa lebih cepat dari itu tentunya akan kita selesaikan," ujar Puan.



Selain itu, menurut Puan yang terpenting adalah menyosialisasikan isi omnibus law ke masyarakat. Tujuannya agar masyarakat terhindar dari spekulasi yang berlebihan.

"Dan tentu saja nanti manfaatnya dirasakan oleh iklim investasi dan iklim ekonomi," imbuhnya.



Sebelumnya, draf omnibus law akan diserahkan pada pekan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap DPR dapat menyelesaikannya dalam waktu 100 hari.

"Kita harapkan sudah saya sampaikan pada DPR mohon agar ini diselesaikan maksimal 100 hari," kata Jokowi di Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2020 di Ritz-Carlton, Sudirman, Jakarta, Kamis (16/1).



Tonton juga video Puan Minta Pemerintah Segera Serahkan Draf Omnibus Law ke DPR:

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/idn)