Laporan Dicabut, Polisi Setop Penyelidikan soal Pidato 'Pribumi' Anies

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 18:28 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono (Rahel/detikcom)
Jakarta - Jack Boyd Lapian mencabut laporan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait pidato 'pribumi'. Dengan adanya pencabutan laporan tersebut, penyidik Bareskrim Polri menghentikan penyelidikan kasus tersebut.

"(Laporannya) Sudah dicabut. (Kasusnya) Tidak dilanjutkan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono saat dihubungi detikcom, Selasa (21/1/2020).

Permohonan pencabutan laporan Jack Lapian itu tertuang dalam suratnya yang dikirimkan ke Bareskrim Polri pada Senin, 20 Januari 2020.

"Iya betul saya mengajukan permohonan pencabutan laporan saya terhadap Anies Baswedan ke Bareskrim Polri," kata Jack Lapian dalam keterangannya, Selasa (21/1).

Dengan adanya surat itu, Jack memohon kepada polisi untuk menyetop segala penyelidikan atas laporannya itu.


"Dengan adanya surat permohonan pencabutan laporan polisi yang saya buat tersebut, maka saya memohon kepada pihak kepolisian dalam hal ini Direktorat Tipidum Bareskrim Polri untuk menghentikan proses penyelidikannya terhadap perkara tersebut," kata Jack.

Laporan Jack atas Anies Baswedan ini tertuang dalam laporan bernomor LP/1027/X/2020/Bareskrim tertanggal 17 Oktober 2017. Jack saat itu mempermasalahkan pidato Anies Baswedan soal 'pribumi'.

Anies dipolisikan dengan tuduhan Pasal 4 huruf b ke 1 dan 2 Pasal 16 Undang-Undang No 40 Tahun 2008 tentang penghapusan diskriminasi, ras, dan etnis.




Simak Video "Datangi Bareskrim, Pria Ini Pertanyakan Pelapor Anies soal Pribumi"

[Gambas:Video 20detik]

(sam/mea)