Satu Tersangka Pencurian di Kapal Tanker Dibekuk

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 16:19 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Batam - Korpolairud Baharkam Polri menangkap satu orang tersangka pencurian di kapal tanker MT Horizon di Batam, Kepri. Tiga orang tersangka lainnya melarikan diri.

"Kapal Baladewa -8002 Ditpol Korpolairud Baharkam Polri yang melaksanakan tugas di wilayah perairan Kepri dan Kalimantan mengamankan satu tersangka pencuri di kapal tanker Horizon," kata Dir Polairud Polda Kepri, Kombes Alex Fauzi Rasad didampingi Kabid Humas, Kombes Harry Goldenhard dalam jumpa pers, di Batam, Selasa (21/1/2020).

Penangkapan dilakukan tadi padi sekitar pukul 04 45 WIB. Saat itu kapal tanker Horizon sedang lego jangkar di perairan Kabil, Kepri untuk menunggu tambat ke dermaga.

"ABK kapal tanker tadi melihat ada 2 orang naik ke atas kapal dan 2 orang lagi menunggu di perahu. Dua orang yang naik ke atas kapal diduga melakukan pencurian," kata Alex.

Melihat ada yang akan mencuri, ABK tanker mencoba melakukan perlawanan. Terjadi perkelahian yang mengakibatkan ABK mengalami luka ringan. Kapal patroli Baladewa yang mendapatkan informasi tersebut langsung bergerak menggunakan ship tender menuju posisi kapal tanker tersebut.

"Dalam kasus pencurian ini satu orang tersangka inisial IL berhasil diamankan. Sedangkan 3 orang lainnya melarikan diri," kata Alex.

Barang bukti yang diamakan dari tersangka ada sejumlah peralatan kapal. Di antaranya, 3 buah setting exhaust, nozel las, 6 spindle exhaust.

"Tim masih melakukan pencarian terhadap 3 pelaku lainnya yang melarikan diri," ujar Alex.



Simak Video "Top! Kapal Selam Pertama Indonesia Lulus Tes Nominal Diving Depth"

[Gambas:Video 20detik]

(cha/fdn)