Tim Gabungan Sisir Warga untuk Evakuasi dari Banjir Dharmasraya

Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 15:29 WIB
Banjir di Dharmasraya, Sumbar. (Foto: Dok. Istimewa)
Padang - Tim gabungan dari BPBD dan Polri masih menyisir sejumlah lokasi guna mencari warga yang terjebak banjir di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar). Sedangkan warga di Kabupaten Sijunjung yang juga kebanjiran kini menggunakan perahu sebagai alat transportasi.

"Kita sisir lokasi perumahan, terutama warga yang tinggal di areal perkebunan," kata Kapolsek Pulau Punjung, Iptu Syafrinadi, Selasa (21/1/2020).

Menurut Syafrinadi, penyisiran dilakukan menggunakan perahu karet. Salah satu lokasi yang disisir adalah Kampung Surau Nagari, Nagari Gunung Selasaih, Kecamatan Pulau Punjung. Warga yang terjebak di dalam rumah kemudian dibawa ke tempat yang lebih aman.

Selain kawasan perkebunan, petugas menyusuri aliran sungai Batang Pangian guna mencari warga yang tinggal di sepanjang aliran sungai.

"Cuaca memang sudah mulai bagus, namun kita tetap mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman," kata Syafrinadi.

Selain di Dharmasraya, banjir dan tanah longsor melanda Kabupaten Sijunjung. BPBD masih menghitung dampak akibat musibah tersebut.

"Fokus kita saat ini membersihkan badan jalan dari material longsor, sambil mengevakuasi warga terdampak banjir," ujar Kepala BPBD Kabupaten Sijunjung Herry Chaniago.



Simak Juga Video "Rumah Geser ke Tengah Jalan karena Longsor di Sijunjung Sumbar"

[Gambas:Video 20detik]

(fdn/fdn)