BKSDA Sumsel Evakuasi Harimau yang Masuk Perangkap di Muaraenim

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 15:27 WIB
Harimau masuk perangkap BKSDA di Muaraenim. (Foto: dok Istimewa)
Palembang - Perangkap harimau sumatera yang dipasang BKSDA Sumatera Selatan di wilayah Muaraenim akhirnya membuahkan hasil. Seekor harimau terperangkap.

"Harimau itu saya dapat laporan masuk ke perangkap setelah dicek pada pukul 09.00 WIB. Masuk ke dalam perangkap yang kita pasang di Semendo Darat Ulu," ujar Kepala BKSDA Sumsel Genman Hasibuan kepada detikcom, Selasa (21/1/2020).

Dikatakan Genman, jenis kelamin harimau belum diketahui. Harimau itu kini diamankan untuk dievakuasi agar tidak stres.

"Sekarang sedang dievakuasi. Perangkap itu ditutup pakai terpal biar harimau tidak stres melihat manusia, jenis kelamin juga kita belum lihat karena masih menunggu dokter hewan," katanya.

Untuk proses evakuasi, Genman mengaku masih menunggu semua instansi terkait di Sumatera Selatan. Sebab, harimau sangat mudah stres dan harus cepat diselamatkan.

Sementara itu, terkait kapan harimau masuk perangkap yang dipasang, BKSDA masih akan mengecek kamera trap. Ada sekitar dua kamera trap yang dipasang di antara perangkap.

"Jam berapa masuk perangkap ini masih harus dicek dulu kamera trap. Karena itu saat petugas datang sudah ada di dalam perangkap," katanya.

Diketahui, harimau sumatera membuat resah masyarakat sejak November lalu. Adapun tiga lokasi yang sering terlihat harimau adalah Pagaralam, Muaraenim, dan Lahat. (ras/fdn)