Pemprov DKI: Revitalisasi Monas Tak Terkait Formula E

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 15:14 WIB
Before-after revitalisasi Monas. (Foto: Dok. detikcom)
Jakarta - Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) DKI menyebut revitalisasi Monas tidak ada kaitannya dengan Formula E di Jakarta pada 2020. Revitalisasi Monas direncanakan sebelum Jakarta ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah Formula E.

"Kalau kita, tidak ada hubungannya, karena itu semua dirancang sebelum Formula E, kebetulan Formula E ada. Kebetulan saatnya hampir bersamaan," ucap Kepala Dinas CKTRP Heru Hermawanto kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (21/1/2020).



Jika Formula E dilaksanakan pada 6 Juni 2020, revitalisasi Monas bagian selatan ditargetkan selesai pada Februari 2020. Jadi, selesai sebelum Formula E digelar.

"Kontraknya itu 12 November, 50 hari selesai berarti akhir Desember harusnya. Desember nggak kelar berarti ada perpanjangan waktu 50 hari. Berarti nanti perkiraan di akhir Februari (selesai)," ucap Heru.



Diketahui sebelumnya, Formula E di Jakarta akan melintasi Jalan Medan Merdeka Selatan dan area Monas. Untuk mendukung itu, akan ada pembangunan infrastruktur penunjang, seperti perbaikan aspal untuk lintasan.

Jakarta Propertindo (JakPro) menyebut butuh Rp 767 miliar untuk membangun infrastruktur Formula E. "Paling banyak di infrastruktur sekitar Rp 350 miliar," kata Direktur Utama JakPro Dwi Wahyu Daryoto di gedung DPRD DKI Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2019).



Simak Juga "Pengelola Jelaskan Alasan Penebangan 190 Pohon di Monas"

[Gambas:Video 20detik]

(aik/imk)