Putusan Praperadilan Nurhadi cs Digelar di PN Jaksel Hari Ini

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 07:23 WIB
Foto Nurhadi: Ari Saputra
Jakarta - Sidang putusan praperadilan mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi cs digelar hari ini. Sidang putusan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Praperadilan ini diajukan Nurhadi bersama dua orang lainnya, yaitu Rezky Herbiyono (menantu Nurhadi) dan Hiendra Soenjoto (Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal/MIT). Ketiganya berstatus tersangka di KPK dengan sangkaan Nurhadi dan Rezky menerima suap dari Hiendra. Persidangan ini dipimpin oleh hakim tunggal Akhmad Jaini.

Pengacara Nurhadi cs, Maqdir Ismail berharap hakim dapat mengabulkan seluruh permohonan kliennya. Dia berharap status tersangka kliennya dapat digugurkan. Sidang putusan ini akan digelar di PN Jaksel, rencananya sidang dimulai pukul 12.00 WIB.

"Kami mengharapkan permohonan kami dikabulkan," ujar Maqdir melalui pesan singkat, Senin (20/1/2020) malam.



Sementara itu, KPK melalui Plt juru bicaranya, Ali Fikri berharap agar hakim bisa menolak permohonan Nurhadi cs. Ali juga mengingatkan hakim akan putusannya ini karena dinilai salah satu ujian independensi hakim dalam perkara korupsi.

"KPK memohon kepada hakim praperadilan untuk memeriksa, mengadili dan memutus perkara praperadilan ini dengan amar putusan menolak permohonan praperadilan yang diajukan tersangka NH (Nurhadi) dkk atau setidaknya menyatakan permohonan praperadilan tidak dapat diterima (niet ontvankelijk verklaard)," ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (20/1).

Selanjutnya
Halaman
1 2