Round-Up

Nyawa Bocah Hampir Melayang Leher Tertancap Ikan Marlin Berpedang

Tim detikcom - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 22:15 WIB
Nelayan menunjukkan ikan layar, salah satu jenis ikan marlin. (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)
Makassar - Leher Muhammad Idul tertembus ikan marlin. Bocah asal Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), itu hampir saja melayang bila penanganan tak tepat.

Kecelakaan tersebut terjadi saat Idul memancing di perairan Buton, Sabtu (18/1/2020). Ikan berpedang itu menancap di leher belakangnya.

Nyawa Idul masih terselamatkan meski ikan yang ukurannya cukup besar itu menancap selama dua hari di lehernya. Bisa saja Idul kehabisan darah bila ikan itu dicabut.


"Syukurnya moncong ikan tetap dipertahankan di lehernya, karena moncong ikan bisa menahan pendarahan, kalau dilepas di sana (Buton), bisa tidak selamat karena pasien kehabisan darah," ujar Dr Syafri Kamsul Arif, Sp.An, saat dimintai konfirmasi, Senin (20/1/2020).

Nyawa Bocah Hampir Melayang Leher Tertancap Ikan BerpedangBocah Idul yang tertusuk ikan marlin dirawat di RS. (Foto: Istimewa)

Hari ini Idul menjalani operasi di RS Dr Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Syafri, yang juga Dirut RS Unhas, mengatakan moncong ikan yang terkenal agresif itu tidak mengenai pembuluh darah besar di leher korban.

Jika pembuluh darah besar yang tertusuk, korban akan mengeluarkan banyak darah. Operasi pembedahan Idul melibatkan dua dokter spesialis bedah dan tiga dokter spesialis anestesi.


Operasi berjalan dua jam. Moncong ikan berhasil dilepaskan dari leher Idul.

"Setelah dilakukan operasi tadi, moncong ikan bisa dilepaskan dari lehernya, alasannya tetap dipertahankan nempel di lehernya saat dirujuk dan baru dilepas di kamar operasi, agar kita bisa mengontrol pendarahannya," pungkas Syafri.

Momen Idul Tertusuk Ikan Marlin

Selanjutnya
Halaman
1 2