Serangan Ikan Marlin hingga Tembus Leher Bocah Sering Terjadi di Buton?

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 22:04 WIB
Bocah asal Buton dioperasi karena leher tertusuk ikan marlin. (Foto: Istimewa)
Makassar -

Kasus serangan ikan marlin yang menembus leher bocah asal Buton, Sultra, Muhammad Idul (12), rupanya sudah sering dialami nelayan Buton saat memancing.

Pengurus Kerukunan Masyarakat Indonesia Buton (KMIB) yang menetap di Makassar, Muliadi Mau, mengatakan serangan ikan yang biasa disebut ikan sori itu sering dialami nelayan Buton. Namun kasus moncong ikan yang mengenai leher bocah Buton, menurut Muliadi, merupakan kasus pertama yang dialami nelayan Buton.

"Sudah biasa ikan Sori melompat ke perahu nelayan, sering dialami nelayan, apalagi saat ada sumber cahaya dari perahu, biasanya serangan ikan ini mengenai kaki atau tangan nelayan, tapi tidak separah yang dialami bocah Idul," ujar Muliadi yang juga dosen Ilmu Komunikasi Unhas kepada detikcom, Senin (20/1/2020).

Sebelumnya, Muliadi bersama sejumlah warga asal Buton sempat membesuk bocah kelas II SMP Siompu ini yang dirawat di RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar.

Korban yang didampingi kedua orang tuanya, Saharuddin dan Zubaidah, masih menjalani perawatan di RS Wahidin.

Tim dokter spesialis bedah dan spesialis anestesi RS Wahidin berhasil melepas moncong ikan, setelah melakukan operasi selama hampir 2 jam.

Beruntung moncong ikan tidak mengenai pembuluh darah besar di lehernya, sehingga korban tidak mengalami pendarahan hebat, yang bisa berpotensi kematian.



(mna/fdn)