Mesin Waktu

Roy DeMeo, Mafia New York Terkejam yang Jadi Mayat di Bagasi Mobil

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 21:35 WIB
Foto: Ilustrasi oleh Basith Subastian
Jakarta - Pada tanggal ini, 37 tahun yang lalu pemimpin salah satu kelompok mafia di New York, Amerika Serikat, Roy DeMeo ditemukan sudah menjadi mayat dalam bagasi mobilnya dengan sejumlah luka tembak di kepala dan di tangannya.

Roy yang lahir di New York mengawali kariernya sebagai rentenir di Brooklyn dalam usia remaja. Seorang anggota senior kelompok mafia Gambino, Anthony Gaggi mengajaknya bergabung dengan iming-iming akan mendapatkan duit yang lebih banyak.

Gambino merupakan salah satu dari lima kelompok kejahatan terorganisir di New York yang dikenal "Five Families". Lainnya yakni kelompok Bonanno, Colombo, Genovese, dan Lucchese. Selain melanjutkan profesi sebagai lintah darat, Roy mencoba mengembangkan 'bisnis' barunya di akhir dekade 1960-an, sebagai pencuri mobil.

Sejumlah pemuda tanggung direkrut jadi anggota kelompoknya seperti Chris Rosenberg, Joseph Testa, dan Anthony Senter. Albert DeMeo yang menulis buku tentang ayahnya Roy DeMeo berjudul For the Sins of My Father menyebut aksi pencurian mobil kelompok itu termasuk paling besar dalam sejarah New York.

Tak hanya mencuri, Anak-anak muda yang dikendalikan Roy itu juga tak segan membunuh. "Markas grup ini adalah Gemini Club di Brooklyn," tulis Albert DeMeo yang kemudian dikutip The New York Times dalam artikel 'Growing Up in Massapequa, and in the Mafia'. Di tempat itu juga, mereka memutilasi jenazah korban untuk menghilangkan jejak pembunuhan.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3