Round-Up

Prabowo Ungkap Keperluan Keliling Dunia untuk Alutsista

Tim detikcom - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 20:04 WIB
Prabowo Subianto (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Kunjungan kerja Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ke luar negeri menuai kritik. Prabowo menegaskan kunjungannya ke luar negeri untuk kepentingan alutsista.

Jauh sebelum Prabowo menjawab kritikan tersebut, juru bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, sudah memberikan penjelasan mengenai alasan Prabowo pergi ke sejumlah negara. Sejak dilantik, Prabowo telah mengunjungi Malaysia, Thailand, Turki, China, Jepang, Filipina, hingga Prancis.

"Diplomasi pertahanan itu penting sekali. Itu adalah bagian penting konsep besar pertahanan kita, kita hidup di dunia terdiri dari negara-negara yang besar," ujar Dahnil kepada wartawan di Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis (16/1).



Dahnil menjelaskan diplomasi pertahanan yang dimaksud meliputi kerja sama industri pertahanan dan kerja sama pertahanan itu sendiri. Tidak hanya kemampuan alutsista yang ditingkatkan, tetapi juga kemampuan sumber daya manusianya.

"Diplomasi pertahanan itu ya salah satunya kerja sama industri pertahanan di satu sisi. Di sisi lain, tentu kerja sama pertahanan. Kerja sama pertahanan itu banyak hal. Industri pertahanan apa? Pembelian senjata salah satunya," sebut Dahnil.

"Kerja sama termasuk kerja sama pertukaran kadet taruna, kayak kita di Jepang ngirim taruna kita yang belajar di sana, dan negara-negara lain banyak yang kirimkan tarunanya atau perwiranya. Dalam rangka apa? Selain dalam rangka diplomasi pertahanan, juga untuk meningkatkan kapasitas perwira kita," dia menambahkan.


Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4