Tusuk Leher Bocah, Ini Profil Ikan Marlin yang Agresif-Bermoncong Pedang

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 18:56 WIB
Foto: Ikan layar, salah satu jenis ikan marlin. Foto: ANTARA FOTO/Saiful Bahri
Makassar - Bocah asal Buton, Sulawesi Tenggara, Muhammad Idul nyaris tewas usai lehernya tertembus moncong ikan marlin saat memancing. Ikan marlin, ternyata dikenal sebagai ikan agresif yang gemar menyerang mangsanya dengan moncong tajamnya.

"Agresif saat mencari makan ya pasti, karena dia kan ikan pelagis, tipe perenang cepat. Jadi memang aktif. Ikan marlin menggunakan moncongnya untuk membunuh mangsanya. Karena kalau dilihat kan moncongnya cukup panjang dan tajam," kata peneliti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Selvia Oktaviyani saat dihubungi Senin (20/1/2020).


Ikan pelagis adalah ikan yang hidupnya di permukaan air hingga kolom air antara 0-200 meter di bawah permukaan laut. Marlin adalah salah satu jenis ikan pelagis. Marlin bisa tumbuh hingga 5 meter panjangnya dengan bobot lebih dari 700 kg. Ikan jantan lebih kecil dari betina.

Ikan ini hidup di lautan tropis dan subtropis, ada di Samudera Hindia hingga Samudera Pasifik. Selvia menjelaskan, ada beberapa nama latin untuk ikan marlin. Namun, umumnya ikan ini termasuk ikan predator atau billfish.

"Untuk sebutan nama ikan marlin, biasanya di Indonesia mengacu pada nama latin Makaira indica (ikan marlin hitam) atau Tetrapturus spp. Di Indonesia sebutan ikan marlin itu biasanya mengacu pada kelompok billfish (ikan predator) yang sebetulnya nama latinnya banyak. Tapi itu wajar, karena jarang orang lokal menamai nama lokal per satu jenis nama latin. Biasanya penampakan luar hampir sama, jadi suka dianggap dengan satu nama lokal yang sama," tuturnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2