Tusuk Leher Bocah, Ini Profil Ikan Marlin yang Agresif-Bermoncong Pedang

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 18:56 WIB
Foto: Ikan layar, salah satu jenis ikan marlin. Foto: ANTARA FOTO/Saiful Bahri

Lantas apa yang harus dilakukan jika menghadapi ikan ini saat memancing? Selvia mengatakan, pertama-tama yang harus dilakukan ialah memegang moncongnya.

"Yang harus dipegang duluan saat dipancing harus moncongnya itu. Karena kalau kita pegang ekornya, dia akan menggerakkan moncongnya dan bisa melukai kita karena itu cara dia melindungi dirinya," jelas dia.

Tusuk Leher Bocah, Ini Profil Ikan Marlin yang Agresif-Bermoncong Pendang Foto: Bocah asal Buton dioperasi karena leher tertusuk ikan marlin (dok. Istimewa)


Sebelumnya, moncong ikan marlin itu diketahui menempel di leher korban selama 2 hari sejak tertusuk pada Sabtu (18/1/2020). Idul lantas menjalani operasi di RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Senin pagi tadi (20/1).

"Syukurnya moncong ikan tetap dipertahankan di lehernya, karena moncong ikan bisa menahan pendarahan, kalau dilepas di sana (Buton), bisa tidak selamat karena pasien kehabisan darah," ujar Dr Syafri Kamsul Arif, Sp.An, saat dimintai konfirmasi, hari ini.


Syafri, yang juga Direktur Utama RS Unhas, mengatakan moncong ikan marlin nyaris mengenai pembuluh darah besar di leher korban. Jika pembuluh darah besar yang tertusuk, korban akan mengeluarkan banyak darah.

"Setelah dilakukan operasi tadi, moncong ikan bisa dilepaskan dari lehernya, alasannya tetap dipertahankan nempel di lehernya saat dirujuk dan baru dilepas di kamar operasi, agar kita bisa mengontrol pendarahannya," pungkas Syafri.

Saat ini Idul masih dirawat di RS Wahidin, Makassar, untuk perawatan luka bekas jahitan di lehernya.
Halaman

(dnu/tor)