Kunker Prabowo ke Luar Negeri Sempat Dibahas di Rapat Komisi I

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 18:36 WIB
Foto: Menhan Prabowo Subianto hadiri rapat kerja bersama Komisi I DPR. (Lamhot Aritonang-detikcom)
Jakarta - Kunjungan kerja Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ke luar negeri sempat dibahas dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR. Prabowo disebut menjelaskan kunjungan kerja itu untuk memperkuat posisi pertahanan Indonesia di dunia internasional.

"(Kunker Prabowo ke luar negeri) sempat dibahas, dan sudah dijelaskan bahwa kunjungan tersebut memang dibutuhkan untuk memperkuat posisi Indonesia di mata internasional, khususnya di bidang pertahanan," kata anggota Komisi I DPR F-Golkar Dave Laksono di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (20/1/2020).


Menurut Dave, Indonesia perlu memiliki jaringan yang kuat dengan negara lain. Jaringan itu diperlukan jika Indonesia menghadapi konflik dengan negara lain.

"Meski Indonesia bagian dari ASEAN, tetapi kita harus punya jaringan yang kuat bilamana ada konflik-konflik dengan negara-negara lain, contohnya negara lain dengan China. Bilamana konflik itu terus meningkat, kita punya dukungan kuat dari negara-negara tetangga," ujar Dave.

Selain itu, rencana pembelian alutsista dari Prancis juga dibahas dalam rapat. Prabowo diketahui tertarik membeli alutsista dari Prancis usai bertemu Menhan Prancis Florence Parly.

"Sempat dibahas tadi (rencana pembelian alutsista dari Prancis), namun tidak dijelaskan secara detail apa saja yang akan dibeli dari Prancis. Indonesia kan sudah banyak membeli alutsista juga dari Prancis," ungkap Dave.

Simak Video "Jokowi Minta Pejabat Setop Kunker: Saya Ngerti Ada Apanya"


Selanjutnya
Halaman
1 2