Tak Umumkan Cawagub DKI Bareng Gerindra, PKS: Kami Bukan Partai Grasak-grusuk

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 17:40 WIB
Presiden PKS Sohibul Iman. (Foto: Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta - PKS tak ikut dalam pengumuman nama cawagub DKI yang digelar Gerindra. Presiden PKS Sohibul Iman menyebut partainya bukan partai grasak-grusuk dan taat asas.

"Jadi saya sampaikan PKS sudah menyiapkan nama kader dari PKS yang mau dicalonkan. Yang kedua PKS sudah berkomitmen untuk mengambil satu dari empat yang diusulkan Gerindra. Nah tentu kan ada proses, sampai proses itu selesai dan dimasukkan ke dalam amplop dan diberikan kepada Gubernur, di situ lah PKS akan mengumumkan," kata Sohibul di DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (20/1/2020).



Sohibul lalu menyinggung pengumuman Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto yang diusung sebagai cawagub DKI dari PKS. Ketika itu, lanjut dia, PKS mengumumkan dua kadernya itu ketika sudah resmi sampai di tangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Jadi PKS ini bukan partai yang grasak-grusuk. Jadi begitulah kita sejatinya, kita pasti sampaikan kepada publik. Tapi PKS taat proses, taat asas. Itu sudah benar-benar final ketika sudah masuk amplop dan diserahkan kepada Gubernur. Di situ kita baru akan mengumumkan," ujarnya.

Gerindra sendiri sudah mengumumkan dua nama cawagub DKI yakni Ahmad Riza Patria dan Nurmansyah Lubis. Dalam pengumuman itu, Gerindra juga memamerkan surat persetujuan yang sudah ditandantangani Ketum Prabowo Subianto serta Sohibul.

Namun, Sohibul enggan berkomentar terkait dua nama yang sudah diumumkan. Dia menyerahkan ke Gerindra.

"Saya tidak tahu, kami tidak tahu. Tanya ke mereka, tanya ke mereka aja," singkat Sohibul.

Sebelumnya, Gerindra mengumumkan dua nama cawagub DKI Jakarta yang baru. Dua nama itu adalah A Riza Patria perwakilan dari Gerindra dan Nurmansyah Lubis dari PKS.

Rencananya, dua nama itu akan segera diserahkan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk diteruskan ke DPRD.

"Saya bawa surat yang ditujukan kepada gubernur yang ditandatangani oleh kedua belah pihak. Surat ini cabut surat terdahulu, di surat ini sudah setuju dua nama. Satu, Nurmansyah Lubis, dan dua, Ahmad Riza Patria," ucap Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat konferensi pers di Ruang Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat.

Simak Video "Gerindra Ajukan Nurmansyah Lubis dan Riza Patria Jadi Wagub DKI"

[Gambas:Video 20detik]

(idn/fjp)