Ini Tujuan Polisi Gelar Rekonstruksi Ketiga Pembunuhan Hakim Jamaluddin

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 15:49 WIB
Zuraida Hanum saat rekonstruksi pembunuhan hakim Jamaluddin. (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan - Polisi akan menggelar rekonstruksi ketiga kasus pembunuhan hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan Jamaluddin. Rekonstruksi terkait dengan penggunaan barang yang berhubungan dengan pembunuhan dan upaya menghilangkan barang bukti tersebut.

"Tujuan rekonstruksi tahap ketiga ini untuk melihat tempat-tempat pembuangan barang yang digunakan untuk melaksanakan eksekusi, termasuk untuk mengetahui kebenaran apakah ada barang-barang yang dibakar oleh para tersangka," kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Maringan Simanjuntak saat dimintai konfirmasi, Senin (20/1/2020).

Maringan mengatakan rekonstruksi ini akan diikuti dua tersangka. Ada satu saksi yang ikut dihadirkan, yakni penjual sandal.

"Tersangka yang laki-laki saja (dihadirkan). Ada juga satu saksi yang akan hadir. Dia penjual sandal (tempat pelaku membeli)," ujar Maringan.


Rekonstruksi pembunuhan hakim Jamaluddin digelar besok, Selasa (21/1). Rekonstruksi dimulai di lokasi pembuangan jasad hakim Jamaluddin, yaitu kebun sawit di Kutalimbaru, Deli Serdang. Rekonstruksi dilanjutkan hingga ke kawasan Medan Selayang.

Direncanakan ada enam adegan yang akan direka ulang, yakni proses pembuangan HP, sarung tangan, dan masker. Termasuk di tempat membeli sandal dan tempat pembakaran pakaian.




Simak Juga Video "Polisi Soal Kematian Hakim PN Medan: Istri Otaki Pelaku Pembunuhan!"

[Gambas:Video 20detik]

(fdn/fdn)