Sosok Joserizal Jurnalis, Dokter Sekaligus Pendiri MER-C

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 13:48 WIB
Joserizal Jurnalis. Foto: detikcom
Jakarta - Dokter Joserizal Jurnalis tutup usia pada Senin (20/1) dini hari tadi. Pendiri Medical Emergency Rescue Comitte (MER-C) itu menghembuskan nafas terakhir di RS Harapan Kita, Jakarta pukul 00.38 WIB.

Joserizal Jurnalis ialah seorang dokter yang dikenal sering membantu masyarakat korban perang. Ia sering melakukan pertolongan medis di wilayah-wilayah konflik dan peperangan.

Berikut sosok Joserizal Jurnalis:

1. Lahir dari Keluarga Akademisi

Joserizal Jurnalis ialah putra dari Jurnalis Kamil dan Zahara Idris. Orangtuanya adalah seorang akademisi. Ayah Joserizal pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat pada periode 1984-1993.

Joserizal menikah dengan Dian Susilawati dan dikaruniai tiga orang anak yaitu Aisha, Nabila dan Saladin.


2. Pendidikan

Joserizal Jurnalis lahir di Padang, 11 Mei 1963. Tahun 1988, Joserizal lulus sebagai dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Kemudian ia melanjutkan pendidikan spesialis Bedah Orthopedi dan Traumatologi di Universitas Indonesia dan selesai pada tahun 1999.

3. Pendiri MER-C

Mengenyam pendidikan dokter spesialis orthopedi (bedah tulang), Joserizal mendirikan MER-C dan sering berkontribusi ke masyarakat korban perang.

MER-C ini memberikan pertolongan medis di wilayah-wilayah konflik. Tidak hanya di luar negeri tetapi juga Indonesia. Mulai dari konflik Ambon, Maluku, Mindanao, Afganistan, Irak hingga Gaza.

MER-C pernah ikut andil dalam pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Selain itu, bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia, MER-C juga merintis pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Rakhine State Myanmar.

4. Aktivis Kemanusiaan

Joserizal menjadi salah satu di antara Tim Medis Mahasiswa Universitas Indonesia (TMM-UI) yang dikirim ke Ambon pada April 1999.

Disana mereka melihat adanya ketimpangan pelayanan medis yang dilakukan. Hal inilah yang menjadi salah satu pendorong ia mendirikan organisasi MER-C. Melalui misinya, MER-C ingin memberitahu ke dunia nilai-nilai Islam dan kemanusiaan.

Joserizal dan tim memberikan pertolongan medis berdasarkan urgensi tanpa memandang latar belakang baik agama, politik dan juga etnis.


Jenazah Joserizal Jurnalis dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Pondok Rangon, Jakarta Timur siang ini.



Tonton juga Pendiri MER-C Joserizal Jurnalis Tutup Usia :

[Gambas:Video 20detik]

(lus/erd)