Dicecar DPR soal Semanggi I-II, Jaksa Agung: Kami Siap Tuntaskan, tapi...

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 12:46 WIB
Jaksa Agung ST Burhanuddin (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Anggota Komisi III DPR Fraksi NasDem Taufik Basari meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin menuntaskan kasus pelanggaran HAM berat, termasuk peristiwa Semanggi I dan II. ST Burhanuddin berjanji akan menuntaskan kasus-kasus itu.

Awalnya Taufik Basari menanyakan kasus pelanggaran HAM berat yang terkatung-katung dan menyinggung peristiwa Semanggi I dan II. Jika tidak diselesaikan, negara akan mengarah pada impunitas.

"Kita tidak ingin ini terkatung-katung, kita ingin ada penyelesaian. Kalau ada sebuah peristiwa serius di masa lalu tidak terselesaikan maka negara ini akan mengarah pada impunitas," kata Taufik dalam rapat kerja bersama Jaksa Agung di gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (20/1/2020).


Taufik mengatakan memang ada perbedaan pandangan soal masuk kategori pelanggaran HAM berat atau tidak. Namun terlepas dari itu, dia menekankan masyarakat ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi.

"Ada kejahatan tapi tidak ada penyelesaian. Di Juli itu memang ada pandangan. Ada yang mengatakan bukan pelanggaran HAM berat, ada yang mengarahkan pada pengadilan biasa atau militer, sebenarnya publik juga ingin tahu, apa yang terjadi di Semanggi I dan II, termasuk Trisakti," sambungnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2