Analisis BMKG Terkait Gempa M 6,2 di Bolaang Uki Sulut

Tim detikcom - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 08:40 WIB
Ilustrasi (Foto: Mindra Purnomo)
Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memutakhirkan informasi gempa bumi magnitudo (M) 6,6 di Bolaang Uki, Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara (Sulut) menjadi magnitudo 6,2. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Gempa dengan kedalaman 126 Km itu terjadi pada pukul 23.58 WIB (19/1/2020). Gempa terletak pada koordinat 0.1 Lintang Selatan dan 123.86 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 57 Km dari arah selaran Bolaang Uki.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng laut Maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault)," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dalam keterangan tertulis, Senin (20/1/2020).



Guncangan gempa dirasakan di daerah Luwuk dengan skala IV-V MMI. Getaran gempa juga dirasakan di Bitung, Manado, Kotamobagu, Gorontalo dan Malili dengan skala II-III MMI.

Skala II MMI berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Skala III berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.


Simak Juga "Gempa M 6,1 Rusak Sejumlah Bangunan di Aceh"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2