Kabur Saat Dibekuk, Polisi Gadungan di Makassar 'Dihadiahi' Timah Panas

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 06:18 WIB
Polisi gadungan di Makassar, Sulawesi Selatan, Lufti Tahjuddin (31). (Foto: Dok. Istimewa)
Makassar - Polisi gadungan di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Lufti Tahjuddin (31) ditembak polisi karena melarikan diri saat hendak ditangkap. Lufti adalah spesialis dalam aksi penipuan, pencurian, serta penggelapan.

Saat beraksi sebagai polisi gadungan, Lufti hanya bermodal rompi bertuliskan SWAT lalu berhasil menahan sejumlah pengendara motor. Lutfi kerap meminta uang dari Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu kepada pengendara motor yang surat kendaraannya tidak lengkap.

"Pelaku menyamar sebagai anggota polisi berompi SWAT. Dia lalu menahan pengguna jalan dan memeriksa surat-suratnya," kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Indratmoko, Senin (20/1/2020).



Lufti menjalankan aksinya dalam kurung waktu Desember 2019 hingga Januari 2020 dan menipu pengendara motor hingga Rp 1, 3 juta. Namun, polisi mengatakan Lufti tidak hanya ahli sebagai polisi gadungan, lantaran ia juga tercatat telah melakukan aksi penipuan, penggelapan, serta pencurian di Makassar.

"Dari 14 laporan polisi yang diterima jajaran Polrestabes, ada 23 TKP yang menjadi lokasi tindak pidana pelaku," ujar Indratmoko.

"Untuk kasus sebagai polisi gadungan, Lufti beraksi di 5 titik jalan di Makassar," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2