Kata Gerindra soal Peluang Sandiaga Maju Pilpres 2024

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Minggu, 19 Jan 2020 09:21 WIB
Prabowo dan Sandiaga saat Konfernas Gerindra (Instagram @sandiuno)
Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno mendapat 'kode' 2024 dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kepala BIN Budi Gunawan atau BG. Bagaimana peluang Sandiaga maju Pilpres 2024?

"Saat ini Gerindra belum membahas pilpres. Saat ini Gerindra masih konsolidasi organisasi dalam menghadapi pilkada serentak 2020," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat dihubungi, Minggu (19/1/2024) malam.


Dasco menyebut Gerindra punya proses tersendiri untuk membahas pilpres. Selain itu, dia mengatakan waktu pelaksanaan Pilpres 2024 masih amat jauh.

Kata Gerindra soal Peluang Sandiaga Maju Pilpres 2024Sufmi Dasco Ahmad (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)

"Pilpres akan dibahas dalam forum yang ditentukan untuk itu, sesuai AD/ART. Dan untuk 2024 masih terlalu pagi bicara capres/cawapres dari Gerindra," tutur Dasco.


Senada dengan Dasco, Ketua DPP Gerindra Habiburokhman menegaskan Pilpres 2024 masih terlalu dini untuk dibahas. Dia mengatakan semua bisa berubah hingga hari H pelaksanaan Pilpres 2024.

"Belanda masih jauh, Bos. Pemilu 2024 masih lama banget dan capek Pemilu 2019 aja belum hilang. Masih banyak drama politik yang bisa terjadi 4 tahun lebih ke depan. Gerindra santai saja, saat ini fokus perjuangkan kesejahteraan rakyat lewat parlemen dan dua kementerian," ucap Habiburokhman.

Kata Gerindra soal Peluang Sandiaga Maju Pilpres 2024Habiburokhman (Dok. Habiburokhman)

Sebelumnya diberitakan, dalam acara HIPMI, Jokowi menimpali Kepala BPKM yang juga mantan Ketum HIPMI, Bahlil Lahadalia, yang menyinggung kontestasinya dengan Sandiaga di Pilpres 2019. Menanggapi Bahlil, Jokowi menyapa Sandiaga Uno dengan berpesan 'hati-hati 2024'. Selain itu, Jokowi meyakini pernyataan Bahlil bahwa penggantinya di 2024 akan berasal dari kalangan HIPMI, tapi dia tidak menyebutkan nama. Sandiaga adalah mantan pengurus HIPMI.


Sementara itu, BG sebagai Ketua PB Esport Indonesia juga berbicara soal politik ketika menyapa Sandiaga dalam acara pelantikan pengurus PB Esport periode 2020-2024. Dia menyinggung Sandiaga sambil bicara soal calon kuat presiden penerus.

"Presiden kemarin sudah menyatakan Bapak Sandiaga Uno ini sebagai yang calon punya peluang yang sangat kuat menjadi presiden penerus, begitu. Kami sangat meyakini bahwa dengan dukungan kekuatan dari e-sport, kelompok milenial dan gen-Z akan bersatu untuk menangkan Pak Sandiaga Uno," kata BG, Sabtu (18/1).

"Kenapa memilih Pak Sandi, karena kita meyakini beliau mampu akan mewujudkan Indonesia yang semakin kuat ke depan. Kita doakan semoga apa yang kita ucapkan pada hari ini mendapat ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala," dia menambahkan.


Jokowi-BG Kode '2024', Sandi: Pesan Guyon dan Penyemangat

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/jef)