Pondok Pesantren Al Ikhlas Lampoko Polman Terbakar

Abdy Febriady - detikNews
Minggu, 19 Jan 2020 00:37 WIB
Foto: Kebakaran di pondok pesantren di Polewali Mandar (Abdy)
Polewali - Kebakaran hebat terjadi di Pondok Pesantren Al Ikhlas Lampoko, Desa Lampoko, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar. Sejumlah santri histeris.

Kebakaran itu terjadi pada Sabtu (18/1/2020) sekira pukul 18.30 Wita. Akibatnya, tujuh ruangan yang berfungsi sebagai kantor, ruang pertemuan, laboratorium, ludes dilalap si jago merah.

Lima unit mobil pemadam kebakaran dan santri serta warga sekitar bahu membahu memadamkan kobaran api agar tidak meluas ke ruangan lainnya. Setelah lebih dua jam lamanya berkobar, api berhasil dipadamkan.


Menurut saksi, kebakaran terjadi saat para santri sedang mengaji bersama. "Tiba-tiba teman-teman teriak kebakaran, kita langsung keluar dari masjid, mencari air untuk padamkan api," kata salah seorang santri, Ince Farid Ahmad, kepada wartawan.

Ince mengatakan, sebelum kobaran api muncul, aliran listrik di kompleks pesantren sempat padam. "Sepertinya kilometernya korslet karena lampu tiba-tiba mati," ujar Ince.


Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Campalagian IPTU Mustakim mengaku belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Namun dia menduga itu karena korslet.

"Penyebabnya kita masih selidiki, dugaan sementara sumber api dipicu korsleting arus listrik," jelas Mustakim melalui sambungan telepon.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Namun kerugian yang ditimbulkan ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Akibat kebakaran, sejumlah santri juga terpaksa dievakuasi, lantaran terus histeris hingga pingsan. (gbr/gbr)