Tanggul di Kompleks TVRI Jaksel Sempat Jebol, Begini Kesaksian Warga

Muhammad Faisal Javier Anwar - detikNews
Sabtu, 18 Jan 2020 20:44 WIB
Tanggul di Kompleks TVRI Jaksel sempat jebol. (Muhammad Faisal Javier Anwar/detikcom)
Jakarta - Tanggul sementara saluran penghubung (PHB) Permata Hijau yang terletak di Kompleks TVRI Kemandoran, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, jebol pagi tadi. Luapan air sempat merendam mobil-mobil yang diparkir di dekat tanggul.

Arif, salah satu warga, menerangkan mobilnya terendam sejak pukul 05.45 WIB hingga kaca spion. Dia juga menyebut banjir pagi tadi jauh lebih parah dibanding banjir pada 1 Januari lalu.

"Saya (mobil terendam) yang tanggal 1 (Januari) setinggi lampu sein. Segitu. Kalau tadi nyaris setinggi spion. Padahal tanggal 1 curah hujannya agak lama. Kalau tadi ya 1,5 jam. Cuma 45 menit pertama (deras), udah langsung merendam sini," katanya saat ditemui di lapangan parkir Kompleks TVRI, Sabtu (18/1/2020).

Mobil warga terendam akibat banjir.Mobil warga terendam akibat banjir. (Muhammad Faisal Javier Anwar/detikcom)




Seorang petugas lapangan Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jaksel yang enggan disebutkan namanya menjelaskan air cepat naik karena tanggul jebol. Tanggul itu merupakan tanggul yang ketika banjir 1 Januari runtuh.

Petugas SDA kemudian membuat tanggul sementara menggunakan karung untuk menahan air. Namun pagi tadi kembali jebol dan menumpahkan air ke permukiman warga.

"Ya, untuk mengantisipasi supaya jangan sampai ini (kebanjiran). Ya kalau kita biarin (tanpa tanggul sementara) kan genang lebih parah nantinya," jelasnya.

Pasukan biru kemudian mengerahkan pompa air untuk menyedot banjir. Sementara itu, petugas lainnya melakukan perbaikan pada tanggul jebol.



Dia menuturkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Jaksel Marullah, dan Kasudin SDA Jaksel sempat meninjau lokasi tanggul jebol. Tanggul itu rencananya akan diturap kembali pada esok hari.

"Terus posisinya ini (akan) dikerjain. Begitu Pak Anies datang, Kasudin (SDA Jaksel) datang, dia menginstruksikan supaya pihak ketiga (untuk mengerjakan). Makanya dari (Sudin SDA) Selatan, 'Mas, minta tolong ini besok mau dikerjain dari pihak ketiga, mau dipermanenin (diturap kembali) kaya awal'," sambungnya.

Pantauan pada pukul 19.00 WIB, banjir di Kompleks TVRI Kemandoran telah surut total. Batu-batu ditumpuk untuk menutup tanggul yang jebol sembari menanti penurapan kembali tanggul. (idn/idn)