BKSDA Bali Lepas-Liarkan 14 Buaya Muara ke Taman Nasional Way Kambas

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Jan 2020 18:46 WIB
Sebanyak 14 ekor buaya dari Bali dilepasliarkan di Way Kambas. (Foto: dok. BKSDA Bali)
Badung - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bali (BKSDA) mentranslokasi 14 buaya muara hasil sitaan dan penangkapan liar maupun penyerahan dari masyarakat. Buaya-buaya dari Tabanan tersebut akan dilepasliarkan di Taman Nasional Way Kambas.

Reptil tersebut didapat dari sitaan objek hiburan wisata di Denpasar yang sudah tidak terurus. Buaya juga didapat dari penyerahan masyarakat serta ditinggalkan oleh pemiliknya.

"Semuanya ada 14 ekor. Itu penangkapan sudah lama, mulai dari Bali Festival yang sudah tutup itu diserahkan ke kami. Terus ada yang penangkapan kemunculan-kemunculan yang liar dan ada beberapa masyarakat yang menyerahkan ke kami," ujar Kepala Subbagian Tata Usaha BKSDA Bali Prawono Meruanto kepada wartawan, Sabtu (18/1/2020).


Ke-14 buaya ini ditranslokasi menggunakan truk dengan didampingi kendaraan tim BKSDA Bali.

Sebanyak 14 ekor buaya dari Bali dilepasliarkan di Way Kambas (Foto: dok. BKSDA Bali)

"Transportasi kita menggunakan darat, dari Tabanan menuju Lampung tadi siang sudah berangkat dengan 4 truk dan 1 kendaraan BKSDA yang mengawal menuju Lampung," tambah Anto.

Kondisi buaya yang ditranslokasi ini dengan keadaan sehat setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim Pusat Penyelamatan Satwa (PPS).




Tonton juga video Cari Cacing, Warga Bekasi Temukan Buaya Kondisinya Terikat:


Selanjutnya
Halaman
1 2