Melihat dari Dekat Kawasan Monas yang Sebagian Gundul Direvitalisasi

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Sabtu, 18 Jan 2020 18:20 WIB
Foto: dok. detikcom
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta sedang merevitalisasi kawasan Monas. Proses revitalisasi ini menyebabkan sebagian kawasan Monas gundul karena ratusan pohon ditebang.

Pantauan detikcom di kawasan Monas, Sabtu (18/1/2020) sore, warga masih bisa masuk ke area Monas, termasuk naik ke puncak tugu Monas.

Warga hanya tak bisa melewati area sisi selatan lantaran ada proyek revitalisasi Pemprov DKI. Area itu terlihat sedang dalam proses pengecoran dengan perkiraan luas area sekitar 100x50 meter.

Revitalisasi kawasan Monas.Revitalisasi kawasan Monas. (Ahmad Bil Wahid/detikcom)




Sejumlah petugas bekerja melakukan pengecoran di lokasi. Truk pengangkut semen dan truk molen juga dikerahkan untuk proses pengerjaan.

Akar pohon sisa penebangan masih terlihat. Selain itu, tumpukan cone block sudah ada di area tersebut.

Warga dan pengunjung tak diizinkan memasuki area proyek. Di beberapa titik juga terpasang spanduk bertuliskan tentang proyek yang seng dikerjakan Pemprov DKI.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan anda. Sedang dilaksanakan revitalisasi kawasan Monumen Nasional," demikian tertulis di spanduk tersebut.


Revitalisasi kawasan Monas.Revitalisasi kawasan Monas. (Rifkianto Nugroho/detikcom)


Di spanduk lain tertulis 'Plaza Senayan Monas, Ruang Terbuka Publik yang juga berfungsi sebagai Plaza Parade'.

Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Isa Sarnuri tak bersedia menjelaskan proses revitalisasi yang dikerjakan Pemprov. Dia melimpahkan penjelasan terkait revitalisasi dikonfirmasi ke Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) Provinsi DKI.

detikcom sudah mencoba menghubungi Kepala Dinas Citata DKI Jakarta Heru Herwanto untuk meminta keterangan terkait revitalisasi Monas. Namun Heru belum merespons.



190 Pohon di Monas Dibabat Jadi Plaza Selatan, Begini Penampakannya:

[Gambas:Video 20detik]

(abw/idn)